Rabu, 01 Agustus 2012

Cara Dasar Belajar CodeIgniter

Hari ini saya mau posting materi yang diajarin Pak Jarwo td nih, tentang CI. Hehe. Moga” ilmu yang diajarin tadi melekat dan bermanfaat :)
Jadi pertama-tama sih tadi kita bikin CI controller, supaya gampang, kita langsung copas isinya file welcome.php, filenya ada di folder xampp/htdocs/config/application/controller. Nah, karna folder config di laptop saya namanya sudah diganti jadi d4b6, jadi begini urutannya xampp/htdocs/basket/application/controller.
Naah, kan kita buka file welcome.php nya, beginilah isinya:





Selanjutnya kita copy semua yang ada di isinya, trus bikin file php baru namanya news.php. Ganti class Welcome sebelumnya menjadi class News. Lalu rubah public function index, dan bikin public function baru. Seperti gambar di bawah ini:




Harus dipastikan bahwa file news.php tersebut ada di folder controller, karna fungsinya sebagai controller. Selanjutnya kita pergi ke folder views, kalo saya sih buat di dalam folder ini membuat folder baru “news” dan di dalamnya kita buat file “view_header, view_footer, view_news_show, view_show_page” seperti gambar di bawah:


Kemudian pada view_header kita buat seperti ini:


Pada view_footer seperti ini:

Pada file view_news_show seperti ini:






Selanjutnya kita coba Run di browser, ketik localhost/basket/news, maka akan muncul tampilan seperti ini:

Lalu kita mulai membuat table, untuk membuat table buka browser, ketik localhost/phpmyadmin, pilih database yang dikehendaki:





Selanjutnya pilih create table, beri nama table tersebut “news” dan isikan jumlah kolom yang dikehendaki 5, klik go. Jika jumlah table kurang, scroll ke bawah, lalu pilih go. Isikan data pada table seperti di bawah ini:


Khusus pada “ID” A_I (Auto Increment) di ceklis, dan Index nya diganti primary, tekan save. Dan isi title, content, dan data” lainnya sesuka hati Anda.
Lalu kita bikin file ModelNews.php di dalam folder models, dan diisi seperti ini:





Kemudian untuk menampilkan hasil table yang kita buat pada file view_show_page.php isi seperti di bawah ini dan pastikan penulisan huruf besar kecil ID, CREATE, dll sama besar kecilnya dengan yang ada di table kita tadi.
Naah, lalu kita buka browser, ketik localhost/basket/news/show maka akan muncul tampilan seperti ini:



 Terima kasih kepada Bpk Jarwo, Sukeipah dan Mas Heruno yang membantu hingga program ini berhasil.

1 komentar:

  1. saya lihat teman-teman saya pake CI bikin website. Saya tertarik mau belajar, tapi bingung harus dari mana. Terbiasa bikin pake CMS Wordpress ato Joomla. hahahha

    ini situs saya yang saya buat pake wp. www.dapurpalma.com

    BalasHapus

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Selalu menyukai Teknologi dan olahraga yang selalu membuat badan jiwa dan rohani kita Sehat.Cintai Kebersihan karena Sebagiannya adalah Iman. Dan yang penting BERBAHAGIALAH

Waktu adalah Uang

please translate