Senin, 06 Agustus 2012

TUGAS DAY 1 PJJ


1.     1.   Mengapa ada PJJ (Pedidikan Jarak jauh) karena system pembelajaran jarak jauh mengefisiensikan beberapa hal, seperti, dana, waktu, menghemat tempat belajar (tidak harus didalam kelas), dan juga memperluas wawasan social (PJJ membuat orang pada tempat yang berjauhan saling berkenalan dan dapat saling bertukar informasi dan budaya).

2.      2.  Pengertian PJJ adalah pembelajaran dengan menggunakan suatu media yang memungkinkan terjadi interaksi antara pengajar dan pembelajar. Dalam PJJ antara pengajar dan pembelajar tidak bertatap muka secara langsung, dengan kata lain melalui PJJ dimungkinkan antara pengajar dan pembelajar berbeda tempat bahkan bias dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh. Jadi sangat memudahkan proses pembelajaran.

3.       3. Teori dan Filosofi : Teori dalam PJJ dapat disampaikan dalam bentuk apa saja. Yang tidak menitikberatkan pada penyampaian informasi tapi juga bagaimana peserta didik mencerna dan memahami teori tersebut. Peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh diharapkan dapat menyalurkan dengan baik ilmu yang didapat pada dunia nyata. Materi yang diberikan harus diterapkan kedunia nyata dalam praktek secara real pada lingkungan peserta didik. Seorang tutor dalam PJJ harus mampu berinteraksi dengan baik dengan peserta didiknya, selain memberikan materi belajar juga dapat memotivasi peserta didiknya, sehingga semangat dalam menerima pembelajaran serta mengamalkan hasil belajar.

4.      4.  Karakteristik : ciri dari pendidikan jarak jauh adalah terpisahnya dosen dan mahasiswa, baik itu dipisahkan karena jarak dan keterbatasan fisik manusia. Karena keterbatasan itu maka PJJ menggunakan berbagai macam metode yang dapat mendukung keberlangsungan PJJ tersebut dan walaupun diadakan PJJ namun perlu diketahui bahwa perlunya komunikasi dua arah supaya tidak ada miss komunikasi serta peserta didiknya dan tutor harus mampu memanfaatkan segala media yang dapat mendukung untuk saling mendukung dalam proses belajar mengajar.

5.      5.  Prinsip : Dengan adanya PJJ ini diharapkan mampu menggantikan proses belajar yang dapat menyingkat waktu dan tepat sasaran sehingga peserta didik dapat meyalurkan ilmunya secara baik dilingkungannya. Perserta didik disini dituntut mandiri karena  mereka mengembangan ilmunya secara perorangan serta bebas mengakses bahan ajaran dan juga bebas belajar walau tidak focus.

6.       Pembelajaran
Pembelajaran yang dilakukan di PJJ sangat fleksibel tidak kaku dan terikat waktu yang gampang membuat orang pusing atau mudah bosan. Pada pembelajaran jarak jauh mereka bertanggung jawab masing-masing .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Selalu menyukai Teknologi dan olahraga yang selalu membuat badan jiwa dan rohani kita Sehat.Cintai Kebersihan karena Sebagiannya adalah Iman. Dan yang penting BERBAHAGIALAH

Waktu adalah Uang

please translate