1. 1.
Mengapa ada PJJ (Pedidikan Jarak jauh) karena
system pembelajaran jarak jauh mengefisiensikan beberapa hal, seperti, dana,
waktu, menghemat tempat belajar (tidak harus didalam kelas), dan juga
memperluas wawasan social (PJJ membuat orang pada tempat yang berjauhan saling
berkenalan dan dapat saling bertukar informasi dan budaya).
2. 2.
Pengertian PJJ adalah pembelajaran dengan
menggunakan suatu media yang memungkinkan terjadi interaksi antara pengajar dan
pembelajar. Dalam PJJ antara pengajar dan pembelajar tidak bertatap muka secara
langsung, dengan kata lain melalui PJJ dimungkinkan antara pengajar dan
pembelajar berbeda tempat bahkan bias dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh.
Jadi sangat memudahkan proses pembelajaran.
3.
3. Teori dan Filosofi : Teori dalam PJJ dapat
disampaikan dalam bentuk apa saja. Yang tidak menitikberatkan pada penyampaian
informasi tapi juga bagaimana peserta didik mencerna dan memahami teori
tersebut. Peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh diharapkan dapat
menyalurkan dengan baik ilmu yang didapat pada dunia nyata. Materi yang
diberikan harus diterapkan kedunia nyata dalam praktek secara real pada
lingkungan peserta didik. Seorang tutor dalam PJJ harus mampu berinteraksi
dengan baik dengan peserta didiknya, selain memberikan materi belajar juga
dapat memotivasi peserta didiknya, sehingga semangat dalam menerima
pembelajaran serta mengamalkan hasil belajar.
4. 4.
Karakteristik : ciri dari pendidikan jarak jauh
adalah terpisahnya dosen dan mahasiswa, baik itu dipisahkan karena jarak dan
keterbatasan fisik manusia. Karena keterbatasan itu maka PJJ menggunakan
berbagai macam metode yang dapat mendukung keberlangsungan PJJ tersebut dan
walaupun diadakan PJJ namun perlu diketahui bahwa perlunya komunikasi dua arah
supaya tidak ada miss komunikasi serta peserta didiknya dan tutor harus mampu
memanfaatkan segala media yang dapat mendukung untuk saling mendukung dalam
proses belajar mengajar.
5. 5.
Prinsip : Dengan adanya PJJ ini diharapkan mampu
menggantikan proses belajar yang dapat menyingkat waktu dan tepat sasaran
sehingga peserta didik dapat meyalurkan ilmunya secara baik dilingkungannya.
Perserta didik disini dituntut mandiri karena
mereka mengembangan ilmunya secara perorangan serta bebas mengakses
bahan ajaran dan juga bebas belajar walau tidak focus.
6.
Pembelajaran
Pembelajaran yang dilakukan di PJJ sangat
fleksibel tidak kaku dan terikat waktu yang gampang membuat orang pusing atau
mudah bosan. Pada pembelajaran jarak jauh mereka bertanggung jawab
masing-masing .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar