Minggu, 12 Agustus 2012

MEMBUAT TUTORIAL MODELING MEJA KURSI DENGAN BLENDER



Pertama – tama kita harus sudah install  software “Blender” sesudah itu mari kita jalankan software tersebut biasanya sudah ada di menu Shortcut pada menu Start Windows  atau Desktop Anda.
Gambar dibawah ini adalah Blender yang saya gunakan untuk modeling :

Tampilan pada gambar diatas adalah menu awal saat kita klik shortcut
Langkah selanjutnya kita mulai membuat awal dari cube :
Klik ADD > pilih MESH > CUBE maka akan muncul seperti gambar berikut :


Tampilan gambar diatas adalah saat awal pertama kita panggil Cube untuk bahan pembuatan meja, bukan Cuma itu ini adalah hal dasar yang harus kita ketahui.
Lalu saya mulai membuat papan meja trlebih dahulu dengan cara : S + Y untuk membuat sisi lebar kotak kubus lalu saya lanjutkan dengan S + Z untuk membuat kotak box tersebut terlihat pipih, perlu diingat meja memerlukan papan dan kaki, yang saya buat terlebih dahulu adalah papan pada meja.
Hasilnya yang kita buat adalah seperti berikut :

Nah sudah jadi kan, mari kita lanjutkan pembuatan meja yang sederhana ini. Ketika sudah selesai kita GESER papan yang bagian bawah caranya yaitu CTRL + 7 maka hasilnya seperti berikut :

Nah selesai itu kita buat kaki – kaki pada meja tersebut, caranya adalah dengan terlebih dahulu kita pilih menu FACE dengan cara CTRL + TAB. Face ialah kita membuat sesuatu pada bagian sisi – sisi kubus tersebut. Sesudah itu kita CTRL + R untuk membuat garis – garis pipih pada sudut – sudut kaki, disini saya membuat CTRL + R sebanyak 4 kali karena kaki meja ada 4. Jika sudah lanjutkan dengan tekan pada keyboard CTRL + E fungsinya adalah untuk menumbuhkan kaki – kaki pada meja tersebut.
Gambar dibawah ini hasil pembuatan kaki meja tersebut :

Karena gambar diatas tadi diawal kita buat dari bawah sekarang kita buat bagaimana meja tersebut posisinya terbalik sehingga meja bisa berdiri. Mudah saja, cukup tekan angka 7 pada keyboard maka hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah :

Naaaah …. Meja telah berhasil kita buat, namun jika kita lihat masih terlihat monoton karena tidak adanya texture pada meja tersebut. Tapi anda tidak usah kuatir Blender animasi 3D ini telah dilengkapi banyak tool. Kita masuk langkah selanjutnya.
Langkah berikutnya adalah kita tarik bagian pojok kanan atas hingga muncul tanda plus sbb :

Tarik hingga ketengah kursor anda sehingga kita bisa membuat texture pada meja, hasilnya adalah seperti berikut :

setelah itu lanjutkan dengan mengubah beberapa editor. Ubahlah menu method di mirror yang kiri bawah dengan texture, lalu lanjutkan dengan bagian mirror kanan  dengan seperti tampilan berikut :

Pilih open image untuk membuka gambar texture yang sudah kita simpan, lalu lanjutkan dengan mengklik tanda material pada short cut toolbar yang dikanan lanjutkan dengan material disebelah kanannya dengan beberapa editan hingga muncul assign, sebelumnya kita ubah select mode menjadi object mode lalu kita mulai modeling meja kembali dengan mengcreat CRLT+U pilih project from view. Maka texture pada meja sudah bisa kita buat.

Setelah selesai kita buat pencahayaan, lihatlah betapa redup pencahayaan pada gambar maka kita tambah : add > pilih lamp > sesuaikan dengan kebutuhan finish. Berikut adalah pengeditan :

Nampak cahaya yang jauh lebih baik daripada sebelumnya. Karena background masih gelap kita rubah world pada toolbar kanan sbb :

Setelah itu selesai kita jalankan keyboard dengan tekan F12 :

Jauh lebih baik dari sebelumnya, entah itu pencahayaan maupun background pada meja. Modeling pertama sudah selesai kita buat selanjutnya karena kurang saya tambahkan kursi sebagai pasangan meja. Langkah – langkahnya sama seperti membuat meja diatas tinggal kita tambahkan object baru yaitu CUBE baru untuk membuat object kursi yang akan kita buat. Sama persis dengan langkah sebelumnya tinggal kita edit – edit saja. Seperti berikut gambarnya :

Hasil jadi kursi diatas masih kaku kita perlu merotasi sandaran pada kursi hingga erlihat bagus dan rapi caranya adalah blog dulu bagian sandaran kursi dengan tekan B lalu drag dan klik kiri pada kursor lalu kita buat sebaik mungkin sandaran kursi yang ingin kita buat. Selesai masuk pada teksture kursi sama langkahnya, hanya kita perlu member nama baru pada “material”dan  “Texture”. Disini saya beri nama “kursi” seperti berikut :

Nah karena sudah kita buat lalu kita edit kursi dengan cara yang lagi – lagi hamper sama seperti pembuatan meja diatas.

 Hasilnya seperti berikut dibawah ini :

Selamat desain modeling sudah selesai kita buat dengan sesederhana mungkin, jika kita rajin berlatih akan lebih mudah membuat desain jauh lebih baik dan rapi.
Terimaksih sudah mengunjungi blog milik saya.



NP : Blender Tutorial
1. object terdiri dr 3 sumbu :
 - merah mwakili sumbu x
 - hijau mwakili sumbu Y
 - biru mwakili sumbu Z

2. didlm objek trdpt 3 pengeditan sbb :
- geser ---> G
- skala ---> S
- Rotasi ---> R
semua pengeditan di fasilitasi sumbu x , y, dan z



3. sudut pandang objek:
- 1 = tampak depan
- control 1 tampak blkang
- 3 = tampak samping kiri
- control 3 tampak smping kanan
- 7 tampak atas
- ctrol 7 tampak bawah
- 0 tampak kamera
- 5 tampak presisi

4. edit Mode brfungsi u/ pengeditan objek brsifat penyusun objek:
short cut edit mode adl TAB. kemudian di dlm edit mode ada 3 pengeditan
objek sbb :

- Vertex(Titik) ;ctrl+TAB+plh Vertex
- Edge(Garis): ctrl+TAB+plh Edge
- Face (sisi): ctrl+TAB+Pilih Face
- untuk mlkukan perpotongan objek dapat mnggunakan CTL+R\
- untuk mnumbuhkan objek dpt mnggnkan CTRL+E atau estrude

5. u/ mnbuhkan : FACE lalu ctrl+7
6. Cara memipihkan  : s + z/y/x
7. cara buat texture : tarik sudut dipojok kanan atas hingga
ketengah" lalu pd object yg dikiri kt plh dl texture smpg
objec mode lalu pilih uv > kt plh yg object kanan plh broese (d bwh) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Selalu menyukai Teknologi dan olahraga yang selalu membuat badan jiwa dan rohani kita Sehat.Cintai Kebersihan karena Sebagiannya adalah Iman. Dan yang penting BERBAHAGIALAH

Waktu adalah Uang

please translate