Sabtu, 14 Juli 2012

OUTBOUND KU BERSAMA ITB SEAMOLEC YANG TAK TERLUPAKAN

Nama Saya Taufiq Kurniawan
Kelahiran Malang 11 Agustus 1988
Jurusan Teknik  Multimedia Digital & Game

Saya Kebetulan Mahasiswa baru di D4 ITB Seamolec, Saya mempunyai kenangan yang indah bersama Universitas tersebut sewaktu Outbound. Seperti di bawah ini ceritanya :

Kamis,12 Juli 2012

hari itu adalah hari pertama saya untuk mengikuti kegiatan outbound, yang saya pikirkan adalah kegiatan dilapangan seperti tarik tambang,flying fox dan lain sebagainya. Namun ternyata berbeda selama 1 hari itu kegiatan diadakan didalam ruangan yang full AC dan nyaman. Fikir saya tidak akan asik selama kegiatan didalam, namun tetap saya nikmati saja. Dan ternyata benar waktu pembukaan usai oleh Pak Puttin muncullah Pak Stainley,Beliau inilah orang yang ternyata merubah pikiran saya yang tadinya kegiatan didalam ruangan tidak nyaman menjadi sangat nyaman dan bermanfaat. Dimulai dari beliau memilih tiap-tiap anak untuk dikumpulkan dimasing-masing regu, Nama regu itu antara lain ada KUDA, MATAHARI, HARIMAU dan KERBAU, kebetulan saya masuk regu yang bernama "KERBAU". Kata beliau Tim kerbau itu susah jika berada didalam ruangan namun berbeda jika di luar ruangan. Namun Faktanya berbeda.

Sejak dibentuk dengan 19 orang di regu kami, kita bisa mendominasi tiap game yang diadakan, antaralain menjawab pertanyaan logis,adu suara yel-yel, matematik, irasional,tebak-tebakkan,permainan cepat tanggap. walau terkadang tim saya kalah. Namun tim kami tidak patah semangat dan tetap menjunjung sportifitas.

Jam demi jam berlalu hingga akhir sore tiba yaitu entepreneur itu adalah dimana kita diajarkan siasat bagaimana berwirausaha untuk menjalani hidup dan tidak bergantung kepada orang lain. kami waktu itu di suruh berjualan bulpen atau pena, karena ini adalah tantangan yang bagus supaya kita menjadi tahu, berani, dan merubah sifat kita yang pemalu. ternyata keberhasilan selalu menyertai tim saya. tim kami berhasil mengumpulkan nominal rupiah yang banyak, walau masih tersisa 8 pena. ada yang berhasil menjual secesar 100rb/pena menurut saya itu luar biasa walau sebenarnya yang dijual adalah pena biasa.Sampailah pada malam setelah kita istrahat dan makan siang yaitu "Api Unggun".

Tadinya hujan turun dengan derasnya, namun Tuhan sepertinya sayang dengan angkatan BATCH 6 D4 ITB SEAMOLEC ini, hujan reda dan kita bisa melakukan api unggun yang diadakan diluar dengan kondisi cuaca yang dingin,pas sekali. Sebelum api unggun dimulai kita melakukan game yang dipimpin oleh Pak Faisal, saya bilang sangat seru sekali,karena mengandung ketelitian,fokus, dan pendegaran yang bagus. saya sangat puas dengan game yang diadakan diluar ini. lalu setelah selesai game, kita membentuk sebuah lingkaran yang besar untuk mengelilingi kayu yang hendak dibakar, lagi-lagi sosok Pak Stainley muncul dengan filosofinya dan motifasi beliau yang hebat luar biasa. saya bingung menjelaskan tiap kata beliau di blog saya ini,yang jelas saya meresapi apa yang beliau ucapkan. seperti "jika kita niatkan sesuatu untuk membahagiankan ibu kita, insyAllah pasti ada jalan dan akan sukses". Lalu tibalah untuk membakar nyala kayu, disini kita menyanyi bercanda dan "membuang sial" dengn melemparkan benda yang menurut kita itu adalah "wakil dari bad habit kita. disaat nyala api itulah saya terhenyak dan menyadari apapun dimasalalu dan sekarang maupun target untuk masa depan. Selesai acara api unggun kita pulang ke kos masing-masing. Ada cerita unik / sial menurut Anda pembaca budiman. Disaat tertidur pulas kita harus terbangun pukul 3 pagi kesakitan karena apa , apakah Anda tahu ....... Iya benar "NYAMUUUUUUK" Saya dan teman-teman sekamar kesakitan digigit nyamuk hingga kita memutuskan untuk tidur walaupun digigit nyamuk, parahnya tembok ibu kos merah semua karena ada darah bekas pukulan tangan kita. ihihiiiii .................................



Hari kedua,
Jum'at, 13 Juli 2012

 pukul 05.00 WIB selesai mandi saya dan teman-teman sekamar berangkat ke kampus UT (Universitas Terbuka) kita akan melanjutkan outbound. Alhasil gara-gara memenuhi hasrat makan malam nyamuk semalam, saya mengantuk saat kegiataan dipagi hari yang sejuk dan cerah tersebut,beruntung belum langsung dimulai karena ada Pak Satinley yang menunggu mahasiswa yang terlambat untuk dihukum, setelah mereka semua selesai dihukum, masing-masing dari ketua regu kami memakai Syal khusus untuk diberi tanda dan ternyata untuk permainan siapa yang bisa mengambil syal tersebut dari ketua regu maka tim yang mengambil akan mendapatkanpoint sesuai ketentuan.kami sarapan pagi dan setelah itu melanjutkan aktifitas kegiatan outbound.

outbound pertama regu KERBAU adalah Spider, yaitu bagaimana masing-masing dari kita bisa melewati jaring yang berisikan 11 kotak horizontal dan 2 vertikal dari tali rafia tersebut.Ternyata regu kami adalah regu tercepat dengan waktu 5 menit, namun ada yang gagal 2 orang karena menayentuh salah satu dari tali, karena syarat dari permainan ini adalah bagaimana melewati jaring tersebut tanpa terkena tali dari sisi-sisi keempat sisi tersebut.

Setelah game pertama selesai,kami lanjutkan dengan game kedua yaitu DIMENSI WAKTU, game ini adalah bagaimana kita bisa melewati kotak-kotak yang ber sisikan 15x7 kotak. Nah, ada klu dari tiap kotak ini yang dibawa oleh Pak Stainley yaitu ada ada kertas yang sudah diarsir,nah kotak yang diarsir itulah yang menjadi klu kita bisa mencapai garis finish dikotak terakhir. karena ketua kami pintar, jadi sebelum dimulai kita dilatih oleh ketua,tiba saat regu kami satu demi satu orang dipanggil untukmenjalani test game ini , tiba giliran saya, dan beruntung saya bisa melewati semua kotak tanpa salah. Kabar bahagianya 1 orang dari regu kami adalah yang tercepat melakukan.

lanjut ke game ketiga yaitu kengumpulkan kelerang dengan beberapa bambu, disinimenurut saya sulit kami dan tim agak ribut, tapi karana kerjasama dalam tim yang kompak kita akhirnya bisa memasukkan kelereng dam pipa dengan 41 buah kelereng kita menjadi pengumpul kelereng kedua terbanyak.

di game ke empat, kita hanya merayap seperti latihan militer tentara,yang merayap melewati jaring-jaring disamping kanan-kiri-atas kita. kita semua berhasil dalam regu ini.

game ke lima yaitu TUTUP LOBANG DI PIPA LALU ISI AIR DAN AMBIL BOLA game ini adalah yang terbaik menurut saya dan pada game ini tim kami adalah regu tercepat, dengan waktu 30 detik. Game ini yang jelas bagaimana kekompakkan dalam tim untuk menutup lobang dalam pipa, supaya waktu mengisi air tidak bocor dan bola yang ada didalam pipa bisa naik dan dapat kita ambil.

game keenam adalah bagaimana kita bisa menyeimbangkan antara ember satu dengan ember yang diikatkan pada empat tali lalu ember yang diikat tali bisa mengisi air di ember yang diam.  tim kita kalah, namun kabar bahagianya adalah salh satu dari teman di tim saya berhasil mengambil mahkota atau SLAYER Kepala tim MATAHARI. istilahnya disaat kita terburuk masih ada rezeki lain,ahahaha .................

game terakhir adalah game gokil menurut saya, yaitu bermain dengan menggunakan aksesoris yang menempel di badan kita, entak sepatu, tali sepatu, jam tangan, celana training, kaos, dsb supaya bisa disambung dan panjang antar teman kita satu tim dan kita bersaing dengan ketiga tim yang lain. walaupun kita di posisi kedua kita tetap terbaik. Setelah selesai game tersebut kita pulang untuk menuanaikan ibadah sholat Jum'at.

Setelah Sholat saya dan Tim melanjutkan berjualan, kali ini berjualan buku , alau nuku yang kita ju8al tidak habis,namun kita senang karena waktu pengumuman juara akhirnya tim KERBAU berhasil menjadi juara 1 dengan total 48 Bintang. Ahahahahaha .........................


Sampai pada waktu penutupan oleh Pak Stainley dengan filosofinya yang luar biasa karena belaiu adalah Doktor Psikolog, dan Semua anggota Pemimpin regu dan semua teman baru yang begitu luar biasa.Menurut saya pengalaman ini hanya ada 1 kali dalam hidup saya dan pastinya akan saya ingat sepanjang masa ..... KARENA LUAAAAAAAAAAR BIASA.

Terimaksih Kru ITB SEAMOLEC SEMUA, Semoga kedepan semakin maju , sukses, dan berkembang jauhhh lebih besar dan baik.



Sekian cerita positif dari saya,
BURUNG IRIAN BURUNG CENDRAWASIH, ARTINYA SEKIAN DAN TERIMAKASIH 

1 komentar:

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Selalu menyukai Teknologi dan olahraga yang selalu membuat badan jiwa dan rohani kita Sehat.Cintai Kebersihan karena Sebagiannya adalah Iman. Dan yang penting BERBAHAGIALAH

Waktu adalah Uang

please translate